Tiger Airways dan AUTOGATE Soekarno Hatta

Posted by Fico , Thursday, November 14, 2013 6:25 PM

Mahhaapp.. baru posting dalam bahasa indonesia dan dengan tema cerita lain yang agak gak nyambung dari postingan yang ada di backpacker girls. Tapi dah pengen banged nge "bitching" about tiger airways kapan lageeh...

So trip terakhir adalah weekend kemaren. Berhubung temman yang punya asuransi yang mewajibkan dia berobat di Singapore (hehe standardnya beda--dont ask). Jadilah menemani dengan tiket gratis untuk follow up dentist appointment.

Belajar dari kesalahan pertama (hahah seharusnya gue tulis juga), gara2 ngikut kata si "pasien" yang baru balik dari trip ke Thailand dan pake Tiger. Dia berangkat dari T3 dan waktu itupun gue ikut ngantar ke airport... kita berangkat ke T3 dengan pede dengan waktu less than 90 minutes before departure/keberangkatan--KESALAHAN BESAARRR... pertama untuk percaya sama si bule gila, kedua nurutin untuk berleha2 sebelum check in... gak banget dah! ternyata Tiger di pindah dari T3 SOETA ke T2!!! jadilah kita lari2 berasa ikutan amazing race, pake bus gratisan antar terminal  dan sampe check in terakhir sebelum counter closed!! that was close--huammpiirrr sajah beli tiket ulang!

Anyway kita langsung ke terminal 2 dan everything quite smooth. Bahkan punya waktu buat nyoba "AutoGate" fasilitas yang udah ada dari awal tahun 2013. Berhubung sudah check in dan si "bugil" lagi sibuk nulis "immigration card" yang notabene masih wajib bagi pemegang passport selain passport RI, ya sudah iseng patut di coba.

Di pintu masuk autogate hanya ada dua orang yang queue alias antri sementara di pintu imigrasi manual waduh bujubune panjang-lebih dari 10 orang tiap line nya. Ya udah... ngelipir (sukur gue kaga ngesot hikhikhik) ke meja yang ada tulisan "pendaftaran autogate". Cuma ada dua meja, yah sutralah saya coba salah satu bapak yang lagi kaga ada pasiennya.

"Daftar autogate pak" si bapak mukanya kagak menyenangkan gitu ya.. tapi standar kali buat "penampakan imigrasi" ntar kalo kelewat manis dan ramah dikira sok ramah pulak... "...gratis kan pak??" si bapak melongo, "iyaaa" hohoh legalah hatiku... si bapak minta passport. Trus minta scan 3 jari kiri dan kanan. Nggak lama kok prosesnya, kurang dari 5 menit kok.


Pertamax scan Passport di meja "pendaftaran" Autogate

Scan jari-cuci tangan dulu yah hikhikhik!
scan passport dulu-kasus gue riweh banget sumpah!!

scan jari di scanner sidik jari


Trus dia kasih stempel di halaman paling belakang passport mungil di ujung bawah "AUTOGATE". "Nih mbak dah selesai... di coba aja" hohohohoh..... ibarat kata wong ndeso, senangnya ikutan coba sesuatu yang baru.

Oh ya proses daftar ini cuma sekali aja, jadi besok2 datang ke SOETA bisa langsung ke AUTOGATE aja.. hohoho!!

Antrian autogate kosong, ya eyalaaahhh... keknya pada kaga kepikiran buat coba ya....

Ada satu petugas yang standby di sana. Oh ya... siapin tissue basah kalo pake nih autogate kadang sensornya kaga bener! kali ini alhasil scan berkali2 passport setelah yang ke 3 kali baru bener!! gyaahh.. semaput juga kalau misalnya waktu mepet yah....


Ada dua jalur pintu AUTOGATE di imigrasi SOETA. Di tiap jalur ada dua pintu otomatis yang bakalan membuka dan menutup secara otomatis--wakkss... ati2 kejepit ya mbok! Kita masuk melewati pintu pertama yang berada dalam kondisi terbuka sampai melewati tanda garis (ada lah di sana itu liat ajalah--Batak mode on). Trus, tempelkan paspor halaman yang depan, yang ada foto dan identifikasi kita ke kaca mesin scan yang berada di sisi sebelah kanan.

Ikuti petunjuk yang muncul di monitor kecil di atas mesin scanner itu agar mendapatkan posisi paspor yang benar. Kadang memang butuh berkali-kali maklum masih "premier" jadi butuh 3 kali scan sampe berhail. Naaahhh kalo paspor sudah berhasil didentifikasi, trus pintu yang tadi terbuka di belakang kita akan otomatis menutup--jlebb (atau gubrak ya suaranya? gak ada alusnya deh suaranya).


Setelah itu, letakan SATU jari kita (whats your lucky finger? hehe)di atas alat scanner sidik jari yang ada di sebelahnya-yang kecil itu lohh. Lihat monitor kecil di dekatnya, kadang kita harus geser2 dikit kadang posisi jari nggak pas!! Tradaaaa!!! gue cuma butuh satu kali buat scan. Kabarnya kadang mesti cuci tangan dulu sama tissue basah baru kebaca--hadoohh.... rempong juga! Setelah sidik jari kebaca...tadaa! pintu selanjutnya yang dari awal tertutup akan terbuka secara otomatis! dan selesailah proses imigrasi!!

Tapi berhubung panik gara2 scan passport kaga kebaca si bugil dah selesai aja! ya eyalah antrian dia lebih dikit ketimbang antrian passport indonesia!!

Begitulah pengalaman soal Tiger yang ganti tempat kek kucing gue mau beranak-kalo gak 7 kali pindah kaga afdol. Pengalaman autogate yang wajib di coba--jangan lupa tissue basah--halahh latah gue ikutan si bapak!

Mudah2an semua bisa belajar dari pengalaman gue---waspadalaaahhh!! happy traveling!


Tambahan:
Waktu baliknya ke Jakarta rada cemas juga sebab waktu itu aku cuma tau nih autogate cuma ada di T2. Lhaaa trus gue mau masuk gimana dunks??? kaga ada stempel kaga ada apa2nya kecuali tulisan "autogate" di lembar belakang.

Ternyata sama aja. Lewati Imigrasi queue alias antri sebab gak ada autogate. Gue cuma bilang ke petugasnya "ini lewat autogate" dia cuma senyum aja--kaga ngerti gue apa perlu di jelasin apa kaga.... cuma passport langsung di stempel sama doi.

Jadi yah kalau pulangnya masuk dari airport selain Soeta T2 seharusnya ngga masalah, and kaga usah khawatir deh.

Mudah2an autogate di tambah jumlahnya dan ada di Terminal2 lain dan di airport lain juga di seluruh indonesia (belum gitu perlu kali ya di daerah... yuk seep!)





Foto2 dari website Kanim Soeta



6 Response to "Tiger Airways dan AUTOGATE Soekarno Hatta"

Destination Indonesia Says:

FYI mbak, yang di Terminal 3 itu Tigerair Mandala dengan kode penerbangan RI (domestik dan internasional). Nah kalau Tigerair (Singapore) dengan kode penerbangan TR memang dari dulu di Terminal 2. Jadi nggak ada ceritanya Tigerair pindah dari Terminal 3 ke Terminal 2. Hihihihihi.. Kalau memungkinkan, nanti Tigerair malah akan pindah ke Terminal 3, bergabung dengan Tigerair Mandala biar penumpang nggak bingung karena masih dalam satu group perusahaan.

Andra-renandra Says:

Wah thankyou infonya, btw pendaftaran autogate buka 24 jam tak ya? Sukanya pake pesawat nyubuh...

Indra Travelholic Says:

Barangkali yang ke Bangkok itu naik Tiger Mandala dengan kode penerbangan RI Mbak. Kalo itu emang di Terminal 3. Kalo naik Tiger Airways Singapore dengan kode penerbangan TR, itu dari Terminal 2D. Lama amat nggak update Mbak? Hehehe... :D

Fico Says:

@ Destination Indonesia & Indra Travelholic
Hmm.. iya kali ya memang kalo ke Bangkok ke T3 aja... cuma bingung aja dengan konsep T3 yang di awal "katanya" adalah "budget" terminal yang jadi markas AIR ASIA dulunya, trus bergeser di gabung dengan Garuda (yepp gue sempat merasakan). Trus sekarang gabung dengan Tiger. Konsepnya bingung juga. Dulu Air asia yang domestik di sana yang internasional di T2 trus sekarang Internasional bisa di T3 juga. Trus Tiger juga ngga jelas, kalau memang T3 buat domestik kenapa penerbangan ke Bangkok lewat sana juga??
Yang lebih aneh baliknya PASTInya lewat T3, udah dua kali naik Tiger dari Singapore pasti landing di T3.
Makanya aku bitching ke tidak konsistensian nih maskapai--maunya apa cobaaahh! penumpang kan bisa di rugiin kalo telat cek in... contoh kejadian gue di Singapore, dia tutup counter check in 10 menit lebih awal dari bataws waktu--udah ketemu sama miss jutek (hah!! macan sumatra di lawan groarrrrhhhhh!!!) waktu ada manager nya senyum manis "i could handle this" ehh manager pergi dia bilang "no kaga bisa" yah gue bikin drama 2 episode deh di airport dengan teriak2 gebrak meja (groarrrhhhhh) di omongin baek2 kaga bisa (tuuhh bitching about tiger airways kaan), eniweeyyy... kalau di airport lain untuk pemindahan terminal itu sosialisasinya ok banget jadi ngga asal pindah semaunya... dan itu tadi.. kalau domestik ya domestik.. kalau internasional ya internasional.. jadi jangan semau2nya.

@ Renandra
Iya pendaftarannya buka 24 jam kok sepertinya pake jadwal shift deh...

Anonymous Says:

baru tau saya :D. thanks ya.

ciripenyakitmu Says:

kereeen yaah pake fingerprint gitu ..hahaha

Post a Comment