Travelling for girls 101

Posted by Fico , Thursday, November 8, 2007 8:09 PM

Memang ini bukan pertama kali gue berangkat ke luar negri (cieee ! gaya banget ngomongnya !).
Gue gak bakalan melupakan milis indobackpacker yang telah membantu banyak dalam hal informasi terkini tentang backpacking.
Nahh.. gue mau share beberapa tips yang gue pake kalo berangkat ke luar negri.

1. A Good Planned travel/itinerary. Artinya, semua harus sudah terencana, mulai dari budget, akomodasi, dll. Meskipun natinya gak bakalan sama persis, setidaknya kita sudah punya outline, dan gak bakalan buta soal tempat yang akan kita kunjungi. Minimal modal arah dengan peta deh... kalo bisa kumpulin sebanyak mungkin info via internet. Mulai dari tempat penginapan sampai dengan harga makanan (kalo bisa). Dari situ kita bisa punya bayangan soal perjalanan kita. Bila perlu di print segala sampe detailnya. Remember.. contact person disana kadang2 sangat membantu (gak musti, tapi kalo ada bagus juga). Contact person contohnya sesama teman backpackers yang kebetulan ke tempat yang sama, gak ketemuan juga gak apa2 tapi.. well its good to know someone when you're in a strange place.

2. Scan PASSPORT, KTP, SIM A/C, pas foto warna (kalo ada yang digital okkkee) dan upload ke http://briefcase.yahoo.com (kudu punya login yahoo) kalo ada dokumen yang hilang/tas hilang kita masih bisa nge print warna dari internet, gak perlu bawa copy kemana2 (copinya juga perlu sih buat jaga2). Electronic tiket yang biasanya dikirim via mail, tolong mailnya di kasih "flag" biar nanti kalo ada apa2 dalam situasi panik kita bisa dengan gampang menemukan mail tersebut.. lebih bagus lagi semua dokumen yang dikirim via mail seperti konfirmasi booking hotel dimasukin di satu folder.

3. Punya tas/dompet kecil buat ngumpulin semua tiket/boarding pass dan dipisah mana yang udah di pake mana yang belum (di kelipin aja) jadi waktu di perlukan gak perlu ngubek2 tas. Tas kecil ini di simpan di tempat yang aman (backpack).

4. Tas pinggang (kalo gak pake juga gak apa2) buat nyimpan passport, permen, pena, copy passport, kunci tas, dompet sama hape dan obat2 yang penting banget (obat maag girls???). Harus dari bahan yang kuat, dan banyak kantongnya. Uang mungkin dipisah dikit disini, dompet jangan terlalu banyak isinya.. biar gak ngundang niat jahat orang). Eiger bisa jadi rekomendasi (gue punya yang merek export, gak perlu branded lah yang penting yakin tali/penahannya kuat) butuh yang kuat biar gak gampang putus/lepas/di jambret orang. Nih tas pinggang jangan pernah2 di lepas kecuali waktu mandi (dibawa juga ke kamar mandi kali yeee).

5. Tali sling (dari besi) sama gembok tas cadangan. Buat yang ngerencanain jalan ke pantai. Tas backpack yang guede tentu ditinggal di penginapan, dan kita pastinya cuma bawa ransel lebih kecil. Nah guna sling (kabel kayak buat rante sepeda) sama gembok kecil, buat "ngamanin" tas kita kalo kita nyemplung di aer. Kan kasian kalo kita seneng2 sementara seorang temen dikorbanin buat jaga tas... udah jauh2 pergi kok jaga tas ????? Sling ama gembok cadangan juga amat berguna dalam perjalanan dengan bus/kereta api, kalo perjalanannya "overnight" alias lebih dari 12 jam.. kalo ketiduran kan aman berhubung tas di ikat dengan tali sling, jadi gak gampang "dilariin".

6. Pashamina/kain pantai yang bagus (agak tebal) multi fungsi tentunya. Bisa buat tempat dingin, jadiin selimut, bisa buat di pesawat juga kalo gak tahan sama AC-nya (air asia dingin bo !! sampe asepan ac nya)sama buat ke pantai jadiin tempat duduk (buat dililitin di pinggang/jadi kain pantai).

7. Termos. Believe it or not. Termos ini memperhemat gue selama di singapore !! 1 botol air mineral 600ml harganya 5 singapore dollar atau lebih dari 25 ribu rupiah !! sementara gue kayak onta yang haus terus. Setiap ketemu keran gue isi dah tuh termos sampe penuh, air di singapore bisa langsung diminum dari keran (keren !!!) dan gratis pastinya. Kalo kita jalan dari pagi dari hostel kita bawa aja air agak hangat, mumpung free. Lumayan, kalo sakit perut di jalan minum air rada angat bisa ngilangin sakitnya (cewek gitu loohhh). Lumayan hematnya ! Gak usah bawa yang besar.. sekarang kan banyak yang ukuran kecil.

Memang kayaknya ribet banget.. tapi gue ngerasa "aman" dengan semua barang di atas. Sebab bagi kita berdua barang yang di atas sangat membantu.

0 Response to "Travelling for girls 101"

Post a Comment

There was an error in this gadget