NPWP & Fiskal 2009

Posted by Fico , Monday, January 26, 2009 9:51 PM


New rule of fiskal.. oh myyy God !
Okay i better to speak in both language here because some expatriate need this info too.. tapi bahasa indonesia dulu aje kali yee...



Akhir tahun kemaren hiks ada rules baru soal Fiskal yang bikin gue rada panik.. secara gue dulu bebas gratis keluar masuk negara tercinta ini hiks hiks.. sekarang wajib memiliki nomor NPWP.
Tiap bulan gaji gue udah dipotong buat NPWP cuma gue gak punya nomornya huehehueheu.. seperti layaknya jutaan umat manusia di Indonesia ini.. jadi terhenyak-lah gue (hueheh bahasanya !) ketika diwajibkan memiliki NPWP kalo gak bayar FISKAL.

Ini loh hasil pers release dari kantor pajaaakkk:
Press Release ttg fiskal LN per 1 Januari 2009 s/d 31 Desember
2010

Siaran Pers dari Direktorat Jenderal Pajak atas "Orang Pribadi Yang Tidak Memiliki NPWP Wajib Bayar Fiskal Luar Negeri"

Hal penting yang harus diketahui adalah :
1. Tarif Fiskal Luar Negeri ( FLN ) adalah Rp 2.500.000 (pesawat udara ), Rp 1.000.000 ( angkutan laut )
2. Pengecualian dari kewajiban membayar FLN bagi OP yang bertolak ke LN dibedakan atas :
yang bebas otomatis yang bebas dengan Surat Keterangan Bebas FLN (SKBFLN )

Tatacara pelaksanaan, dibagi menjadi 4 yaitu :
1. Bagi Yang Membayar : perlu mencantumkan Nama dan NPWP Penanggung Pajak karena pembayaran fiskal luar negeri ini merupakan pembayaran dimuka PPh ps 25 yang menjadi Kredit Pajak bagi WP OP maupun Badan.
2. Bagi yang Bebas Otomatis : tidak perlu mengurus SKBFLN.
3. Bagi Yang Bebas Karena Memiliki NPWP : tidak perlu mengurus SKBFLN.
4. Bagi Yang Bebas karena SKBFLN : perlu mengurus SKBFLN.

Bagi Pegawai (tidak termasuk istri dan anak) yang melakukan perjalanan dinas harus membayar FLN dengan mencantumkan Nama dan NPWP Perusahaan sebagai penanggung pajak dan merupakan Kredit Pajak Perusahan.

Okehhh... kalo mau baca yang lengkapnya ada disini nih.. aturan akhir dari FISKAL yang dikeluarkan kantor pajak.

Jadi berburu2lah yang suka jalan2 untuk mendaftarkan diri anda ke kantor Pajak terdekat untuk mendapatkan nomor NPWP.
Secara online juga bisa kok, masuk aja ke situs kantor pajak di sini nih dan langsung aja registrasi. Trus isi deh semua aplikasinya. Di print trus di bawa ke kantor pajak ya.. lengkap dengan fotokopi KTP sama KK untuk istri atau anak-anak dibawah umur 21 tahun.
Nah kebetulan adik gue bulan kemaren buat NPWP, secara umur dia 21 tahun, tapi masih kuliah dan belum punya kerjaan.. nah gimana tuh ?
Jadi dia buat NPWP sendiri tapi penghasilannya dibuat nol. Alias gak Ada, jadi dia udah jadi wajib pajak secara umur udah 21 tahun, tapi berhubung belon ada yang bisa di pajakim jadi dia punya nomor doank !
Cara kedua adalah melalui kartu keluarga.. rada riskan sebab belon pernah dicoba hehehe...
Buat nerangin kalo "tersangka" adalah anggota keluarga yang masih sekolah dan belon punya penghasilan, jadi masih nebeng sama nomor NPWP mak gue (yang bekerja sebagai pegawai negri).
Oh ya.. pegawai negri atau polisi juga mesti punya looh NPWP sendiri..mak gue sewot setengah mate waktu gue jelasin.. secara dia mau pensiun tahun ini.. lah.. kaga ada biayanya apa salah
Mak gue bikin NPWP 2 minggu sebelum berangkat, dan gak apa-apa tuh... gak ada bayaran tambahan.. paling juga kalo ada yang minta uang gitu.. itu petugasnya yang mau nilep uang.. hehe jangan di kasih ya.. jangan dibiasain ! (kasih gue ajhaa..hehe).
nya... hehe berhubung dia mau ke Malaysia jadi dah buat dan trada ! satu hari selesai kok.. gak ada biaya sama sekali !
Dan satu lagi yang penting.. mau kartunya dari kertas warna biru kek.. mo yang warna oranye/kuning kek..yang plastik yang kertas itu sama aja.. yang penting nomornya.. semua "laku" kok di counter fiskal di airport ato pelabuhan.
Terkadang ada juga isu2 kalau umur NPWP itu harus 1 bulan sebelum keberangkatan.. hehehe... salaaahhhh. Yang diminta adalah paling kurang 3 hari sebelum keberangkatan harus udah punya nomor NPWP.
Jadi kalo mau keluar negri jangan lupa ya.. bawa foto copy kartu NPWP sama fotocopy KTP dan untuk yang bawa anak2 dibawah umur 21 tahun jangan lupa bawa fotocopy kartu keluarga.

Jadi yang pertama di airport, check in dulu ke counter flight kita, trus pergi ke counter FISKAL dan tunjukin passport, boarding pass, sama fotocopy surat2 yang tadi aku sebutin, paling bagus siapin dari rumah ye.. sebab jarang tuh aku liat di airport ato pelabuhan ada mesin fotocopy...

Udah deh.. tinggal ke bagian imigrasi buat stempel passport.. hehe trus ? hehe tinggal tunggu aja dia tuang tunggu ..browsing menikmati wifi (ghaaaaayaaa !)

Met jalan2 yaaakk ! (holeh-holehnya jhangan lhupaa!)

Posted in , ,

0 Response to "NPWP & Fiskal 2009"

Post a Comment

There was an error in this gadget