Having Money Problem During Traveling? Yikesss !

Posted by Fico , Wednesday, November 18, 2009 6:03 PM

Gak kebayang rasanya kalo sampe ada musibah kayak gitu.. kehabisan uang waktu jalan2 atau naas... uang hilang di copet atau di curi.. bablas.. hilang.. habis semua (hiyyy amit2>>>ketok kayu 3 kali..mit amiiitt...)

Tapi ini mungkin terjadi kok... untuk beberapa traveler kelas kakap.. jawaban terbaik adalah cari kerja sambilan untuk ngumpulin uang lagi (banyak bule yang gini), atau dengan cara menjual barang2 bawaan, laptop, mp3, walkman, pakaian etc (ada loh yang sampe jual backpack!!). Ada juga yang kelewat desperate akhirnya ngemper di jalan-luntang lantung gak jelas (idiihhh...). Its a scary thought !! Mungkin contoh di atas untuk orang2 yang bener-bener niatan backpacking yang sangat mandiri (pendapat ku loh !). Untuk beberapa orang yang masih tergolong baru ide2 di atas kayaknya gak bisa di laksanakan (kalau udah cemas-bingung, etc.. ngerti-lah!) pasti ujug-ujug ngandalin teman ataupun keluarga di rumah/daerah asal.. (hehe transfer dunks.. entar gue ganti daaahhh>>cengar-cengir) Ada cara lain selain nungguin bank transfer yang mungkin bisa makan waktu lebih dari sehari (asumsi transfer antar bank-antar negara). Cara itu yakni dengan pengiriman uang melalui WESTERN UNION. Kalau pake Western union (WU) bisa sampai dalam hitungan detik/kurang dari 1 menit atau bahkan waktu yang sama di kirimkan (jadi pengirim sama penerima bisa di kantor Western Union dalam waktu yang sama. Dan hebatnya lagi Western Union ini bukanya tergantung tempat/kantornya berada. Contoh.. kantor pos indonesia yang buka sampe sabtu-minggu, dll. Trus kita gak perlu memiliki tabungan di bank tertentu pastinya ! dan bisa dari negara yang berbeda (western union ada di hampir setiap negara). Melalui website WU kita juga bisa mengecek status pengiriman uang dan bisa mengetahui lokasi western union terdekat (contoh dari website western union thailand).

Beberapa bank Indonesia yang melayani Western Union:
- BANK MANDIRI
- BANK SYARIAH MANDIRI

- BANK INTERNASIONAL
INDONESIA
- BANK RAKYAT INDONESIA

- BANK ARTHA GRAHA

- BANK NIAGA

- beberapa BPR


Hampir seluruh kantor pos di Indonesia juga melayani pengiriman dan pengambilan western union ini.


Yang dibutuhkan pengirim uang:

1. Jelas duitnya lah !
2. Mengisi formulir dengan menyertakan; nama jelas penerima, nomor identitas penerima (no passport/KTP)
3. Kartu Identitas (KTP/SIM)
4. Catat nomor MTCN (10 digit nomor pengiriman) trus kasih sama penerima.



Yang menerima:
1. Kartu identitas (Passport/KTP)
2. Mengisi formulir penerimaan (nama pengirim harus tau, sama alamat (gak wajib lengkap) jumlah uang yang dikirimkan).
3. Tau nomor MTCN/nomor pengiriman (jumlah 10 digit)

Pokoknya caranya gampang deh.. gak berbelit2 !
jadi jangan takut/kehabisan akal kalau musibah seperti yang di atas kejadian (amittt amiiittt lagi !) trus malah takut jalan2....

(kalau case yang parah banget... my advise... simpan2 alamat kedubes Indonesia aja ya sebelum berangkat.... T.T and God Bless ! jangan gampang kapok jalan2!!!).

0 Response to "Having Money Problem During Traveling? Yikesss !"

Post a Comment

There was an error in this gadget