Europe, shall we?? Start yang menegangkan!

Posted by Fico , Saturday, May 21, 2011 4:45 AM

Kalau semua perjalanan sama kek tempo lagu, dari lambat ke cepat, atau ibarat panser dah panas baru ber beran... cerita aku mulai dengan panas dingin duluan...

Kalo yang jelek jangan ditiru yakk *takut dikutuk emak2's sedunia* lhaa kenapa??? ini jawabannya:

Aku gak pernah bilang sama nyokap soal berangkat ke Eropa, ngakunya cuma ke Singapore doang!! hyaaaa!!! ke Jakarta aja doi dah cemas getoohh... bilang ke Jerman pastinya doi bilang "NEI..NEI..NEI!!" mampus gue nanti di pasung di hutan Jambi!!

Berangkat dari rumah jam 10.30am kesialan di mulai dari malam… 

Bisa2nya tambalan gigi copot… please deh dah mau berangkat masa mesti sakit gigi segala.. gak lucu lah…tapi apa boleh buat… terpaksa pergi kerumah sakit dan ngantri dan memohon suster biar bisa duluan, secara dapat nomor 8 huhuhu.. akhirnya dokter gigi di batalin sebab sampe jam 11 kurang masih duduk dengan manisnya di ruang tunggu.

Diantar sama si mamah sama pacar adik gue, kita barengan di airport.. masih ada waktu 45 menit jadi kita makan bakso malang dulu heheh.. taste of Indonesia sebelum nyoba roti melulu.

Waktu dah di panggil buat boarding, sambil cipiki sama cipika, langsung bilang, mah aku pergi ke Jerman sama Perancis, doain baik-baik aja, nyokap bengong, "ahh masa sihh?kapan ngurus visanyaaaa??" cuma bisa teriak sama nyokap, "ntttaaaarrr di ceritain waktu baliiikkk!!!" dan si anak durhaka melewati security airport sambil dadahin mamahnya yang bengong...

Ntar tak di belikan kain sari warna hijau lagi deh dari Singapore... doi suka sama kain sari, berhubung bisa dibuat pakaian muslim (panjang kain sari 6 meter bo!) lumayan bagus buat seragam lebaran huahuah! (ngirit dot com jugaaaa)
Akhirnya pesawat lepas landas jam 11.30pm hehe duduk di sebelah ibu2 yang baeeek banget.. kita kenalan trus dia nawarin satu taksi/barengan dari Hang Nadim ke Batam Center (dari airport ke pelabuhan). Memang dari awal aku niatan mau cari orang buat share taksi.. lumayan biar bisa hemat 70 ribu bagi dua hehehe (ngirit dot com lagii)

Sampe di Btama sekitar jam satu lebih… kita langsung jalan ngambil barang.. oh ya lebih baik beli tiket kapal PP dari airport sebab lebih murah. Aku naik boat penguin dengan harga tiket yang diskon dengan syarat tuh tiket PP digunakan sebelm 30 juni 2011. No problem.. memang kan niat baliknya tanggal 5 Jun jadi aku ambil aja. Letak counter ferry sebelum pengambilan barang ada di sebelah kanan.

Waktu itu aku mau tukar Singapore dollar di sana tapi setelah liat ternyata nilai tukarnya jalek banget bandingannya, jadi aku bata tukar dan mutusin mungkin tukar di Singapore aja kali yaaaa…. Secara aku masih punya kartu MRT dan aku juga masih ada kira2 25 Sing dollar.

Jadi berangkatlah kita dengan taksi yang super ngebut… aku udah tau jadwal ferry yang bisa aku kejar.. Ferry jam 2 siang. Jadi aku rada santai juga, si ibu2 sama mertuanya juga asyik banget orangnya. Dia bilang aku gila sebab aku jalan2 sendirian ke Eropa pertama kali..waduh bu, saya juga mempertanyakan kewarasan saya sebenarnya…

Akhirnya kita sampe di Batam Center, masih belum berunbah dari luarnya… kami langsung ke belakan tangga untuk setor tas, hehe.. disini kita bisa check in tas kita. Tapi ternyata kata si bapak yang Tanya kita mestu lapor tiket dulu di lantai 2. Jadi aku naik ke lantai dua dan cek in tiket dulu.

Disini aku musti bayar S$12 untuk port tax. Whatever lah…  sudah cek in aku turun lagi ke bawah buat check in tas aku. Disini di bilang kalo tas beratnya dibawah 20 kilo FREE, tapi kemudian si bapak suruh aku bayar Rp 10.000,- yah bodohnya aku ketika terima recipt/tanda terima aku gak baca.. ternyata di recipt yang dikasihnya juga biaya RP 00,00,- wew!!! Baru nyadar waktu dah naik ke boat!! Ahhh pungli!! Dasar INDONESIAAAAA!!

Hiks.. korban PUNGLI biadaappp!

Aku juga lupa kalau kartu XL ku tersayang belum di aktifkan international roamingnya.. huhuh..buru2 hub teman aku buat cari info soal int. roaming! Tapi ternyata sodara2 gak ada info buat international roaming dan keknya harus langsung ke XL shop..haduuuhhh…

Tapi aku dah siap sedia dengan membawa semua kartu huahauha..mulai dari IM3, AS sampe dengan XL hohoho..yang mana yang bisa di pake aja.. kalo ngga ya udah aku beli kartu aja lah…

Sampai di Singapore waktu mau masuk ke imigrasi.. wadaw.. aku liat banyak kaliiiii peraturan yang bisa buat aku di deportasi: 1. Aku bawa DVD bajakan… niatnya mau nonton DVD kalau cuaca gak bagus di hostel/hotel nanti 2. Aku bawa obat2an yang lumayan banyak kek buat apotek berjalan huahau secara aku suka kena flu huhu maklum daya tahan tubuh agak kurang kalo dah di Negara orang! Hehe yang ke 3. Aku juga tau kalo di larang bawa barang palsu masuk ke EROPA tapi aku tetep bawa WHPO aspal dengan kulit tulisan LV hahahaha sok cihuy banget kan!

Tapi ternyata… waktu udah deg degan abiss… yang ngecek passport aku cowok.. hoho dia tanya mau ngapain ke EROPA aku bilang mau ngegembel disana, dia bengong.. maksudnya sekolah? Heh aku bilang liburan backpacking. Dia senyum2… hehe baik juga… passport di stempel dan akujalan menuju mesin xray.. huhu pilihan yang sulit untuk jujur.. mau masuk ke jalur “have something to declare” atau “nothing to declare” hahahah aku mantap jalan di “nothing to declare”. Mudah2an gak ada yang bunyi2 atau di suruh bongkar tas!! Malunya booo…. 

Tapi ternyata gak ada yang nyetopin dan bunyi2 cihuyyyyy…..

Aku mantap melangkah nyari MRT buat ke changi!

Waktu di stasiun MRT Harbour Front aku check status kartu MRT aku wew… ternyata sisa Cuma S$10 yah sudahlah.. aku recharge lagi S$10 (aku ada bawa sedikit sing dollar dari Jambi). Dan langsung naik MRT.

Dari harbor front MRT aku naik NE17 jurusan Punggol (line warna ungu) dan turun di interchange Outram Park buat ganti ke kereta MRT jurusan Changi (line warna Hijau tua). Dan dari sini kira2 ada 12 stasiun MRT sebelum Tanah Merah. Di Tanah merah harus ganti dengan MRT khusus ke Changi Airport… hehe kedengarannya ribet.. tapi gampang kok kalau dah ngerti….

Sampe di change aku masih ada waktu kira2 6 jam..wadaww…

Langsung ke terminal 2 aku dah langsung liat “early check in” Lufthansa.. yah… sutralah.. aku langsung double check bawaan di tas ransel.. takut2 ada barang2 nanti yang di tahan waktu di gate huhuhu pengalaman jelek.. nanti disuruh buang pula lotion tersayang ku!

Check in langsung dah ngelayap di terminal keberangkatan, ada beberapa toko yang menarik di sana. Jadi shoppibng sedikit2 sambil nunggu waktu keberangkatan.

Dah dekat dengan waktu keberangkatan aku langsung ke ruang tunggu gate.. errh masih belum buka, lampunya aja masih matee.. yah sutra, aku liat ada kursi massage buat kaki gratisan.. lumayan, duduk di sana sekitar setengah jam hohoh recommended time sih Cuma 10 mebnit tapi berhubung orang Indonesia kali yee kalo gak setengah jam di pijat gak manteb..  yah sutra… merem melek di kursi pijat…

Balik lagi ke ruang tunggu.. errh dah rame, langsung habisin air di botol minum, tapi botol aqua aku simpan dalam back pack, namanya bekpeker berguna nantinya...

Surprise, flight Singapore-Munich, aku mahluk paling eksotis! Hoho berasa cantik banget… jadi satu2nya cewek asia dengan rambut hitam dan kulit coklat! Yang lain kalo gak blonde kalo gak coklat.. hohoh.. sudah berasa Jerman banget, satu ruangan aku bisa dengar bahasa Jerman, Perancis sama… Rusia??? Jadi sumber perhatian jadi gerah juga, aku belagak sibuk dengan ipod hohoh.. ge-er diliatin terus.. (mungkin para bule mikir nih anak nyasar!)


My Lufthansa boarding pass...adventure here i come!
Pesawat Lufthansa yang aku naikin jenisnya airbus, lumayan juga--! Biasa aja sih…. Berhubung tinggi aku 173cm jadi ruangan kaki yah..biasa aja… kalo aku ukuran standard cewek Indonesia yang sekirtar 155-160 mungkin rada lega kali ya… di sebelah aku duduk cowok dari belanda, keknya dia traveling sama 3 orang temannya. Mereka ketawa melulu saling lempar joke kali ya..(gak lucu kalo lempar sepatu).

Sial! Dah duduk manis di pesawat ada yang telat boarding 4 orang total, terpaksa pesawat berangkatnya telat, mesti NYARI dan NGELUARIN tas 4 orang penumpang yang mendadak dangdut tersebut. Dan ternyata ini menyangkut factor keamanan-ciee.. hasil nanya2 nih. Katanya semenja bom pesawat di Inggris dulu, jadi semua tas penumpang yang GAK ADA DI PESAWAT alias gak naik pesawat/boarding tasnya di keluarin. Mana tau isinya bom, ihhh amit2!

Penerbangan 13 jam juga lumayan boring. Aku mondar-mandir toilet, sengaja, pegel bo… jadi dari tempat duduk aku jalan ke depan, bagian bisnis, mutar lagi ke belakang trus kedepan lagi mutar balik ke belakang—total 2 lap, hahahah! Lumayan… olahraga, aku perhatiin setelah sampe memang kaki rada bengkak.. tapi gak parah sih…. Aku juga bawa semua perkakas tidur mulai dari syal sampe dengan topi rajut dan sarung tangan wol, huahuah berasa winter.. gak peduli lah, dari pada masuk angin!

Dah mo landing, aku liat lewat jendela.. wow… ini EROPA beda banget dengan Indonesia, mulai dari vegetasi, rumahnya LUCUUUUU! KEK RUMAH BONEKA!!! Padang rumput luaaaasss banget dengan kincir angin buat listrik.. ohhh my!!!!

Ingat soal connecting flight aku ke Paris yang Cuma jarak 30 menit aku Tanya sama pramugari, errrhhh kok jawabannya GAK TAU??? I don’t know gitu lohh…. Mate aja lohh.. katanya bakalan di urusin!

Ternyata cowok yang sebelah aku flightnya jarak Cuma 1 jam dan dia aja dah nyerah gak bakalan on time dia bilang huhuhu gimana dengan dirikyuuu….. dia angkat bahu sambil bilang, “HOPE YOU’RE A GOOD RUNNER” huaaaahhhhh! Mate aja.. kalo runner gak masalah Cuma bawa tas ranmsel ini… Cuma run kemana geto looohh!! Kan ini kali pertama aku ke airport di munich, aku sudah print out peta/denah airport tapi gak dibilang jaraknya kan??

Pesawat landing dan aku gak peduli dengan sopan, sumpah, main trabas-bahasa Sumatra.. langsung lari kocar kacir kea rah tulisan “TRANSIT” yaaaa ammmpuunnnn kenapa cowok disini cakep semua ya ampuuuunnn… (sempat2nya aku mikir gitu ya).. tapi itulah selama lari ngebirit aku liat mahluk disini cakep2 semua, ramping, kaki jenjang, hidungnya bagus semuaaaaaaaaaa!! Huaduuuhhhhh!! *tahan diri*

Kocar kacir akhirnya ketemu bagian imigrasi kira2 1 kilo dari gate/tempat pesawat aku parkir.. ohh ya 1 kilo dengan tangga naik turun yang nau jubilah!!! Stempel di passport dah aku dapat.. senangnya liat stempel imigrasi dari Munich dengan kode “D” di lingkaran uni eropa-nya… 

Dapat imigrasi lari lagi ke bagian security keberangkatan, aku liat masih 10 menit lagi! 

Hiyyaaaa….

Lewat kali pertama, alarm bunyi.. hah?? Di suruh copot jaket..

Alarm bunyi lagi waktu aku lewat..disurut copot sepatu sama ikat pinggang, lewat SEKALI LAGI.....
BUNYI LAGI!! Apa de heck!! Body search sama meraka, gila apa!! aku disuruh lewat lagi..dan..

Bunyi lagi, dan pake metal detector setelah body search yang ke dua and do you know apa yang bunyi beep??? BESI KAITAN BEHA yang gedenya se iprit itu!!!!

Sumpah lo, gue liatin yang periksa DO I HAVE TO TAKE IT OFF TOO??? Sambil melotot. Doi nyengir, sukur cakep huh!!!

Habis lah 10 menit yang gue piker bisa kejar.. buat pasang jaket dan sepatu lagi, ada sih niat gila lari gak pake sepatu… tapi dah lemesssss… pasraaahhh… lari ke gate 24 yang ternyata di paliiiiiiiiiing ujung keberangkatan… tentu saja.. Cuma ada petugas Lufthansa, gak ada pesawat… 5 minute late.. dah kek lagu MLTR.

Tanya sama dia aku bilang flight aku dari Singapore delay… huhuhuh…. Dia bilang im so sorry, suruh aku lapor ke kantor Lufthansa.. lunglai.. balik lagi ke arah pemeriksaan sekuriti… sebelah kiri ada counter gede Lufthansa… aku masuk ke queue.. dan gak lama cowok petugas di sana print out boarding pass baru… berangkat jam 9.40am huhuhuhuhu.. satu jam lagi…

Tapi sutralah.. jadi bisa sarapan manusiawi… langsung menuju meja sarapan GRATIS dari Lufthansa.. hohoh sering2 aja… dengan buasnya minum 3 gelas kopi dengan Jacobs crackers yang aku bawa dari Indonesia.

Huhuh gak ada sinyal XL berhubung aku gak sempat daftar. Untung masih ada sinyal dari kartu AS dengan ajaibnya.. hahah! Ternyata masih ada roamingnya.. bagusss…Cuci muka sikat gigi di toilet. Sukur dah di ingatin soal bawa baju ganti dan toiletries di backpack aku. Ganti pakaian, cuci muka sama sikat gigi, dandan lagi…. Lumayan fresh!

Ke ruang tunggu flight selanjutnya di gate 18. Dah ada beberapa orang di sana.. sekali lagi.. the only asian girl hohohoh…. Diliatin terus jadi tersipu2 gerah hahahah! Norak dot com. Mungkin tampang dah kelewat eksotis gara2 gak mandi hahah!

Pesawat ke Paris dari Munich jauh lebih kecil dari yang Singapore. Penerbangan juga kurang dari 2 jam.  Di pesawat aku ketiduran lagi hahaha, secara di Indonesia udah sore, dah 2 hari dalam perjalan I feel exhausted!!!

Nyampe di Paris hamper tengah hari! Feel so damn excited dah gak tau lagi rasa capek hilaaang!!

Selanjutnya explore CDG/Charles de Gaulle airport....


CDG RER station sign


.......TO BE CONTINUED....


0 Response to "Europe, shall we?? Start yang menegangkan!"

Post a Comment