Paris-Strasbourg Kelas 1 yang bikin down! (Part 1)

Posted by Fico , Tuesday, June 14, 2011 4:06 PM

"Good company in a journey makes the way seem shorter." -- Izaak Walton





.....Brussels-Paris-Strasbourg...... 3 kota dalam 1 hari saja.. wow....(gak kebayang aku bakalan ngelakuin ini semua..)

Aku berangkat dari kota Paris jam 6 sore waktu setempat. Kereta TGV yang aku naikin smooth banget gak unjlak2an kek kereta di Indonesia.. berasa dalam pesawat malahan... TGV ini kecepatan rata2nya di atas 300kms/jam. Dan eng ing engg gue dapat kelas 1 sodara2.. harga tiket yang gue dapat bahkan lebih murah dari tiket kelas 2 yaitu 40 Euro.

Strasbourg termasuk salah satu kota penting di benua Eropa. Terletak di perbatasan Perancis dan Jerman. Kota ini tujuan ke tiga setelah Paris dan Brussels dalam itinerary ku. Aku juga dah bookmark beberapa tempat dari lonely planets ku buat di kunjungi.

Pemandangan dari luar kereta bagus banget loh, kek iklan2 susu di Indonesia.. banyak ladang rumput yang luas banget, pertanian.. ada kuda2 yang segede gaban, beserta sapi hitam putih yang jarang aku liat di Sumatra... anak2 main sepeda yang nunggu kereta lewat dengan pipi mereka yang merah2 kek peach! uhh uhhh.. dan pegunungan dengan pohon pinus...

Aku juga dah dapat sms dari from Mr T dia bilang dia bakalan jemput aku langsung dari tempat kerja. Mr T adalah host aku selama aku berada di Jerman. Aku pertama kali ketemu sama Mr T waktu aku pergi liburan ke Hongkong dan Macau tahun kemaren.

Mr T tinggal di Karlsruhe jadi lumayan agak jauh juga dari tempat dia. Ini kali pertama aku ketemu lagi setelah lebih 7 bulan gak ketemu.. huhuh rada deg degan juga sih masih sama kek dulu gak ya orangnya! haha dan berharap banget dia datang buat jemput akyuuu.... tapi rules dengan back up plan tetap aku jalanin.. aku juga sudah contact teman lama aku dari Stuttgart buat cadangan kalau2 nih Mr T gak bisa host aku atau jemput.... i hope he really there, if hes not..GRRRHH!!

Servis di kelas 1 ternyata biasa aja.. aku juga bingung apa sih kelebihannya? selain tempat duduk yang super gede gini.. mau di recliningpun kekenya mustahil sebab dengan tinggi aku yang 173cm aja jarak lutut sama kursi depan aku kurang dari sejengkal.. kebayang kalau aku recline seat ke belakang pasti yang duduk di belakang aku ngoceh2 pake bahasa  perancis atau jerman..... matelah awak!!

Aku terusterang lebih suka kelas 2 atau ekonomi deh kalau kek gini... tapi berhubung murah tiketnya kenapa ngga kan??? ini kali pertama aku agak nyesal berada di kelas 1 yang luxury banget. Sebab aku cuma ngerasa... aku bukan berada di tempat aku... hiks... kek nyasar gitu deh perasaan..

Dari awal aku naik ke gerbong ini dengan tas koper gede warna ungu aku... dan di bantu sama om2 genteng banget ya olloh.. dan harumm...... ini kali pertama aku naik kereta di Eropa. Bukannya di Indonesia aku juga sering naik kereta loh... mana ada kereta di Jambi hahaha...
Di Sumatra, kereta cuma ada di Aceh, Medan, sama Padang... daerah Riau, Jambi ngga ada... karena tanahnya rawa2 gitu sih kata orang tua. Pengalaman gue naik kereta di sumatra cuma dari Prabumulih Palembang ke Bandar Lampung PP itu aja... dan itu mungkin 10 tahun yang lalu waktu aku masih kuliah di UNILA.

Kalau di Jawa aku pernah naik 1 kali dari Jakarta ke Bandung. Memangsih kelas executive.. tapi itu waktu aku umur 13-14 tahun hahaha jadi hampir 20 tahun yang lalu!!

Kereta ini mewahnya berasa bo..jadi waktu naik aku cuma bisa bilang: "ohh sh*t" penumpangnya juga aje gile... setelan jas SEMUA haduuh piyeeeee..iki.. wong deso.. kok nyampur sama yang kek ginian...Armani, Hugo Boss.. ohh.. Shuuuuuuutt! trus yang ibu2nya dandanan juga mewah dengan kalung mutiara segede batu kali elegan banget.. cewek muda ada juga tapi tampang esmud juga, pake setelan hitam dengan stocking dan rambut rapi gitu... ohhhhhh matelaaah awaaakkkkk!!

Gue sudah pake pakaian terbaik gue.. yang cuma ada waktu itu black flat shoes, black paty house, rok pendek warna hitam putih sama baju kaos oblong warna putih.. nyantaaaiii banget! (syukur2 gue beli tuh pantyhose di Champ Elyses!!) Rok juga atu2 nya yang ada di dalam tas hahahah berasa jadi babu di kereta mener2 Huhuhuhu...

Bukan cuma itu aja... waktu pertama naik kereta aku dah mastiin banget aku gak salah naik gerbong.... gerbong nomor 13, angka keberuntungan gue sih..... trus first class alias kelas satu dan aku tuh dah liat berulang2 nomor tempat duduk aku 61. Jadi ya udah aku langsung duduk setelah letakin tas koper aku di rak dekat pintu masuk ke dalam gerbong tadi. Tiket memang dalam bahasa Perancis, tapi gak sia2 aku pernah belajar hahaha jadi bisa tau artinya apa dikit2.. padahal terakhir aku belajar mungkin tahun 2004! 7 tahun yang lalu dan aku gak pernah pake tuh bahasa!!

Jadi aku duduk aja di bangku nomor 61 tadi dengan tenangnya. Tiba2 ada om2 umur 35-45 tahun blonde dengan muka sombong amit2 (ketok meja 3 kali) trus mungkin pernah ikut kelas drama deh keknya... bengis banget dah wajah.... cakep tapi sombong gile aja lu.. berdiri samping gue, kek seakan2 dia salah baca nomor tempat duduk di tiket sama di tempat duduk gue. Dengan sikap berlebih dia berdiri di sana sambil melambai2kan tiketnya ke atas ngomong GEDE BANGET "INI TEMPAT DUDUK GUE, HALLO INI TEMPAT GUE" buangsyaaattt... ape salah nya lo tanya ma gue salah ato ngga ngapain juga lo teriak2 sama orang lain.

Gue bilang sorry mungkin gue yang salah tapi ini nomor 61 gue tunjukin tiket gue. Dia buat wajah kek gak percaya gitu, bukan ini tempat gue, dia langsung letakin tuh tiket dia ke muka gue yah mana bisa gue baca lah.... kasar banget sumpah!!!

Semua orang di gerbong liatin kita berdua, gue udah panas banget sama si sombong satu ini. Gua suka sebel aja sama cowok kurang ajar. Trus tiba2 ada bapak2 rada tua bilang "miss ini tempat duduk kamu" dan gue liat tuh bapak tua senyum sama gue, huhuhu gue gak berhenti2 ucapin terimakasih sama dia. Tuh bule geblegh?? kek nunggu standing ovation senyum ke semua orang trus duduk dengan gaya dramatis.. ihh alayyy deh luuu....

Gue masih sebel banget sama kejadian itu mood gue langsung jelek hahaha. Pengen gue timpuk sama sepatu tuh manusia. Cuma tau diri gue di negara oran g.. awas lu ye kalo ke Indonesia... hahaha tak kandangin sama harimau sumatra.

Tapi setelah gue calm down, gue mikir lagi.. yah ..salah gue juga.. mene eke tehe kalau sebenarnya di TIAP KURSI itu ADA DUA NOMOR yang gue gak perhatikan dari awal. Jadi di tiap gerbong igtu sebenarnya ada 2 nomor, artinya ada nomor 61 yang menghadap kedepan dan ada juga nomor 61 yang menghadap kebelakang....hahah bilang gehh dari tadi... tapi aku gak ngerasa bodoh kok.. untuk seseorang yang gak bicara bahasa perancis aku dah cukup baik menterjemahkan isi tiket! gak salah gerbong dan gak salah nomor tempat duduk kok! wong di tiket juga gak di jelasin gue duduk ngadap mana!!

Oh ya sebenarnya di gerbong kelas 1 ini ada wifinya cuma wifinya berbayar gitu.. huh ..males deh... jadi aku cuma update blog dengan word aja.. hal lain yang aku lakuin tentu aja explore the train.. aku pergi ke toilet dan liat gerbong makan.. huh sama masih banyak yang berjas gitu deh...

Aku juga masih jadi mahluk eksotis sebab aku juga gak liat orang asia satu gerbong sama aku... waktu di stasiun aku liat sih ada chinese gitu satu orang.. tapi kenapa orang asia sombong ya kalau di negara orang??

Anyweiii.. di gerbong makan aku liat beberapa orang dari gerbong aku.. dengan jas dan sepatu hitam mengkilat mereka.. lagi ngobrol dalam bahasa perancis beberapa dalam bahasa jerman... errhh.. keder gue.... berasa anak hilaaang banget! aku berharap waktu aku ke gerbong makan bisa ketemu cowok yang pake celana pendek dan sandal yang sangat friendly.. huhuh missing the backpackers people.....

Balik ke tempat duduk aku cuma bisa nikmatin sunset dari balik kaca dengan kecepatan tinggi b erasa nonton slide shownya National Geographic aja... pemandangan indah.. ada sungai kecil dengan batu2 gede... kota2 kecil.. peternakan... jalan kecil... ada beberapa orang yang melambaikan tangan.. aku balas aja hahaha iseng!. i just like it when they smile and wave to me!

Memang kecepatan kereta turun waktu masuk ke dareah perumahan gitu atau kota kecil... di Indonesia juga gitu...aku belum pernah ke Karlsruhe tempat Mr T tapi aku gak masalah kalau dia tinggal di tempat kek yang gue liat sekarang... di kota kecil banget yang out of no where.... ini sudah di negara orang.. segala sesuatunya menarik gue sebab berbeda! beda banget kalo lo bandingkan dengan desa kecil di pegunungan Indonesia....

Sudah jam 8 lewat waktu matahari mulai turun... musim panas disini matahari tenggelam jam 8.30 atau jam 9 malam... aku udah tau kita dah masuk Strasburgh waktu kereta dah mulai pelan dan mulai banyak rumah2 dan pabrik2 dan akhirnya aku liat penunjuk jalan tulisannya Strasbourg Gare, oh my! its very close...  penumpang yang lain malahan dah mulai ngobrol lagi dan siap2 mau turun.

Kereta berhenti total di Strasbourg gare hampir jam 8.30, gilaaa gue lapaaaarrrrrr...!! hiks sukur juga masih ada Jacobs crackers dalam tas gue tadi! lumayan buat ganjel perut....

Setelah kejadian tempat duduk males gue caper lagi... jadi keluar dari kereta paling akhir deh.. gtau diri gue bawa tas yang paling gede di banding om2 sama nini2 keren di sini... dari pada bikin huru hara lebih baik gue keluar terakhir kan??biar gak ketahuan suka rusuh kalau turun dari pesawat kalau di Indonesia hahaha....

Waktu gue turun ... eng ing eeeenggg Mr T udah di sana berdiri dengan tangan di pinggang.. gue tau sebenarnya doi pengen nunjukin muka marah.. tapi gagal.. sebab gue ngakak!! LoL dia dattang dengan "his Germany best looks" tampangnya jerman banget dengan celana pendek warna khaki dan baju kaos hitam sama rompi serta sandal gunung dengan kaos kaki hahahaha!!thats very Germany. upps gue langsung berhenti ketawa waktu dia gak ketawa hahaha ngambekkk dah! dia bilang soal kejebak macek dan dia nyetir kek orang gila ke sini takut telat datangnya..ehh gak taunya malah gue yang telat turun dari kereta! hahahah!

Surprise, gue gak nyangka Mr T bakalan nyetir sendiri. Gua juga gak liat tampang bisa nyetir sebenarnya dah ragu waktu dia mulai nyetir.. nyalain mesin aja sakah hahah kata Mr T ini mobil sewaan...ohh ok deh..Hahaha tapi sumpah serem jadi penumpangnya! kek nya Mr T beneran gak biasa nyetir.. gue cuma bisa diam aja selama dia nyetir gigit lidah gak mau comment banyak.. haha dia dah baik banget mau jemput aku di stasiun kereta soalnya.. kasian bo capek balik kerja Karlsruhe itu lebih dari 1 jam dari sini!

Kita langsung cari makan malam sebab gue dah lapar banget!!

One of Strasburg church
Gak banyak yang bisa gue liat di malam hari.. ternyata banyak toko yang udah tutup jam 9 malam.. huuuhh kok kek Jambi aja sih?? hahahahah

Strasburg streets- everything is closed after 9pm!
Nyari restoran akhirnya kita keliling kota deh.. lumayan liat tempat2 wisata yang udah kosong di malam hari.. kita jalan sampe tengah malam loh....
.
spooky tower...
There are several people passes by, masih ada yang lalu lalang.. tapi pada umumnya keknya baru balik dari bar.. dan memang jam segitu cuma bar yang masih buka.... kita naik turun tram aja dan sebenarnya gue gak pernah liat taxi selama jalan... udara lumayan dingin gue gak tau berapa cuma kata Mr T sekitar 15 derajat dan gue bisa liat masih banyak yang pake celana pendek doang sama tshirt gak kek gue yang dah mengigil pake jaket segala....


Strasburg cathedral at night
Gambar2 yang gue ambil kok lumayan spooky gitu deh.. padahal momentnya bagus banget sebab kalau siang kan dah rame turis tuh....tapi sama kek Paris di beberapa sudut tempat wisata bau pesing..eeekkk....



Strassburg Cathedral door carvings 


Strasburg cathedral at night

Hiks gak nemu restoran Mr t bilang udah lu makan pisang aja gue tadi sempat jalan ke supermarket dan beli makanan.. hiks hiks hisk.. dan tram udah berhenti beroprasi juga.... Mr T liat gue mengigil kedinginan kasian trus manggil taksi deh buat ke hotel.. hiks hiks hiks...


Strasburg traditional house, i like it!



This guy create publications first time!
Mr T banyak sih ngejelasin soal Strassburg cuma gue dah gak konsenstrasi gara2 lapart sama ngantuk.. tapi waktu dia bilang kota ini terkenal sebagai kota penemu mesin cetak pertama.. aku celetuk.. bukannya china yang dikenal sebagai publisher pertama?? Mr T cuma bengong...bilang.. gak tau ya... hahahaha!





Midnight at Strasburg-empty street
Akhirnya gue tidur dengan nge geletak gitu aja di hotel, kecapekan, dan kelaparan.. mudah2an besok bisa keliling kota dan liat banyak hal disini....

0 Response to "Paris-Strasbourg Kelas 1 yang bikin down! (Part 1)"

Post a Comment