Zugspitze Puncaknya Jerman (di atas awan bo!)

Posted by Fico , Tuesday, June 7, 2011 4:18 PM

Knock.. knock.. knocking on heavens door......
 .... can i knock heavens door by going to the highest place in the world?? can He hear me from this heights?? would He grant my wishes if i went to the highest place in the world? 'cause if he does... i will climb the highest top of the world!!!


**Note: This trip is not a budget trip, but its good to go to if you're a flashpacker**


Mr T ngumumin, hari ini kita bakalan hiking lagi kek kemaren. Gue tanya ohh yang kek waktu ke St Odille gitu? dia bilang pokoknya siap2 aja (sambil narik tas koper) ehh kita kemanaa? dia bilang ini buat pakaian aku kita langsung ke Munich. Ohhh.... ok deh... aku pun berbenah.. dan say goodbye sama apartment Mr T di Karlsruhe. Kita sarapan dulu dan bawa bekal buat gue yang gak bisa perut kosong di jalan.

Dengan cantiknya gue pake baju terusan woll gue dan baju lengan panjang turtle neck.. tadinya malah mo pake legging doang, trus Mr T bilang gaanntii jeans! ihh.. males deh. Ya sutralah, akhirnya mengenang St Odille aku pikir yah cuaca juga terang pasti paling dingin juga 17 derajat....

Keluar dari apartemen, gue sedih banget, lambaikan tangan ke neighbour... kota Karlsruhe kek Jogja-nya Jerman, dengan mahasiswa pake sepeda wara wiri..tenaang banget. Satu apartemen Mr T aja semuanya kalo gak student yahh researcher kek dia. Tampang kutu buku semua deh! pokoknya ada banyak universitas di sini, dan KIT salah satunya.

Tinggal berapa hari lagi di Jerman, jadi sedih..aku senang makanannya-mereka selalu cari yang terbaik buat di makan, bersih dan fresh.. orang2nya walopun jarang senyum dan kek logat orang batak yang sangar tapi baek loh.... dan gak maksa gue bicara bahasa Jerman....huhuhuh... menghibur diri aku buat check list tentang apa aja yang udah di liat di sini sama buat "to do list" apa lagi yah yang mau diliat di sini.

Sekali ini jarak tempuh dari Karlsruhe jauh banget kata Mr T sekitar 600 kms. Ngebut dengan mobilnya aku gak mau ganggu konsentrasi Mr T di Autobahn. Aku suka banget sama pemandangan di Bavaria.. daerah selatan Jerman. Ada banyak sapi super raksasa.. kuda dan padang rumput dengan bunga liar.... napsu gue bikin pilem india di sini...guling2 di padang rumput dengan wangi bunga lavender ohh ohh..lirik Mr T pasti dia bilang gue norak..huhuh...

Kita sempat berhenti dan nanya jalan sama nenek2 yang duduk di pinggir jalan. Mr T berbaik hati untuk berhenti di gas station dan nanya kalo gue mau makanan hangat dan kalau gue mau pipis hehehe tau aja cewek...oh ya toilet di autobahn rata2 musti bayar yahh.. siapin duit receh.... udaranya fresh banget.. kita matiin AC mobil dan ngerasain udara pegunungan...

Menuju  Zugspitze! Cantik!

Di kota kecil ini, ada markas militer Amerika, aku perhatiin setiap kota yang ada basis militer Amerika barnya pasti banyak banget plus entertainment yang....hummm anyway... gak tau bener apa gak kaitannya. Mr T no comment dengar celetukan gue. Kotanya kecil dan nyaman banget, mobbilnya sedikit dan banyak orang jalan kaki.

Kami berhenti di dekat danau Eibsee. Di sini adalah stasiun kereta terakhir yang dekat dengan stasiun kereta gantung. Mr T suruh aku pake jaket dan isi tas ransel dengan makanan. Aku liat orang2 pake baju tebal/pakaian ski. Aku tanya kita kemana sih? dia buka tas koper dan suruh aku pake tuh jaket ski punya dia. Humm ok.. dingin banget sih... Trus Mr T beli tiket sementara aku berbenah masukin makanan sama air dalam tas ransel.

Mr T pulang dengan ngedumel, dia bilang sesuatu tentang tiketkereta gantung PP. Aku rebut tiketnya dan baca 1 tiket dewasa PP ....48 EURO!!! gyaaahhhhhh!!! 5 ratusan ribu weeehhhheeeeeww! emang di gunung ini ada apaan?? dia cuma senyum, lu liat aja nanti!


Mr T buka tas ransel dan masukin knitted hat aku alias topi kupluk dan sarung tangan trus pashamina aku di ruruh pake (lebih tepat dia nyekek aku pake pashamina aku sendiri). Dia bilang you will need this.. halah...Dia tanya aku pake pakaian berapa lapis? aku bilang 3, dia bilang ok itu cukup.. haha dia trus tarik aku lari2 ke kereta gantung sebab takut kereta gantung tutup kalau berkabut..errhh??

Tiket Zugspitze dengan stempel perbatasan Jerman!

Mr T bilang kamu kan pemberani pasti gak takut ya naik kereta gantung kan?? aku magut2 aja.. semakin bingung.. katanya mau hiking tapi kok naik kereta gantung sih??? waktu kita naik ada pasangan yang baru turun dengan pakaian ski lengkap dengan syal dan kacamata ski.. lhaaaa???? gue gerah sebenarnya haha cuma di pelototin Mr T ya sutra ngikuuuttt...

Barengan dengan kita ada pasangan dari asia, keknya Jepang, dan si cewek meluk si cowok terus.. keknya takut tiap kali goondola goyang *sirik* alesan aja tuh. Mr T berdiri di pojokan....haha dia takut tuh! gue senang banget naik gondola ini, aku tanya sama operatornya (yepp ada petugasnya looh) boleh gak aku berdiri di dekat dia yang jendelanya kebuka. Dia malah berdiri dan kasih tempat duduk dia..asyyyeeekk! akupun menjulurkan kepala keluar yang kemudian di teriakin sama Mr T, hehe takut banget sih! si petugas cuma ketawa aja.

Semakin kita naik ke atas semakin gue yakin nih gunung bukan gunung biasa.... gak berapa lama setelah pemandangan indah gondola ditutupi dengan kabut..pekaaaat banget.. aku sempat clautrophobic juga, Mr T pegang tangan aku kuat2 hahah.... beneran radius 1 meter gak keliatan apa!! cuma putih..walopun lu pelototin mata gak keliatan apa2.. gak berapa lama... kabut menipis.. dan dari balik gondola aku bisa ngeliat punggung gunung dengan batu terjal.. disisi belakang malah parah.. JURANG dalam ke bawah ratusan meter dalamnya..gak keliatan  bawahnya!


Cable car ke puncak of Zugspitze

Angin ngegoyangin gondola si cewek Asia keliatan ketakutan, si pak operator cuma senyum dan ngobrol dengan Mr T dengan bahasa Jerman.... pasti nanya gue dari mana gue ngerti Indonesianya!! Gak bisa liat apa2 lagi keluar kata si om2 operator dia bilang kita di dalam awan makanya gak keliatan apa2. Cuma keliatan jurang curam yang kita daki.. well.. menakutkan juga sih.... trus..gue liat bubuk putih yang terbang di luar.. gue melotot..beneran kektepung di tumpahin halusss banget..."SNOW!! I SEE SNOW!!" gue lompat2 tepuk tangan salljuuuu!! ada salju beneraannn.. gue keluarin tangan gue ohh my ini beneraaan!!! Mr T bilang stop goyangin gondolanyaaa, wakwak gue terlalu senang buat ngerasa takut!! memang sih suhunya dingin banget..kalo ngomong atau napas keluar embun2 gitu... gue ketawa kek orang gila.


Aku dan Zugspitze Germany

Akhirnya kami sampe di stasiun paling atas gunung Zugspitze, sumpah ngingatin gue ke stasiun luar angkasa dengan banyak orang berbagai negara wara wiri. Semuanya bersih terang dan rapih denagn struktur baja... wow...

Gue gak sabar liat jendela dengan salju yang menumpuk di luar. Aku sekarang di puncak tertinggi JERMAN!!! Aku keluar ke platform observasi.... dan kami benar2 di atas awan...sayang kabutnya lumayan tebal jadi aku gak bisa ngeliat jauh.. cuma bisa liat jurang2 yang ngelilingin tempat observasi.I can't believe i was close to 3000 meters above the sea level (over 10.000 feet)...rasanya gak percaya aku, Fika, di salah satu puncak gunung yang tertinggi di Eropa, titik tertinggi negara Jerman sangat dekat dengan 3000 meter (Zugspitze tingginya 2960 meter). Ini tempat tertinggi yang pernah aku datangin!!!

Zugspitze memiliki 3 puncak, terbagi atas puncak timur, tengah dan barat (Ost-, Mittel- dan Westgipfel). Gue kasih jempol gue semua deh buat yang berhasil naik dengan kaki tangannya senndiri ke atas puncak Zugspitze ini.

Sementara gue nari2 nyanyi2 kek orang kesenanngan gitu, Mr T sebel sebab dia gak bisa liat semua puncak di dekat Zugspitze. Dia bilang seharusnya musim panas gini sudah bisa liat pemandangan jauuuh banget. Yahh mau gimana lagi.. kan gak bisa tiup kabut kan??

Waktu kita pergi ke platform yang di seberangnya... di sana gue liat sesuatu yang bikin gue jejingkrak..SALJU ASLI-BENERAN-ALAMI.. gue dah pernah ke snow world.. tapi ini kan asli!! beda dunk dengan yang snow world! dan kata2 pertama gue waktu liat dan megang tuh salju; "is this real snow or fire fighting foam?"--ini salju  beneran apa busa dari pemadam kebakaran?? Mr T ngakak sampe merah mukanya. Dia bilang yah asli lah.... dia keknya seneng banget liat aku yang kek orang gila mutar2 tendang2 salju.


Salju Zugspitze masih fresh, kenapa kek busa fireextinguiser ya??
Aku naik ke atas tumpukan salju itu, bagian samping tumpukan rada coklat, mungkin gara2 orang dah nginjak2 bagian samping.. aku mau naik ke atas tapi ampun licin banget!! trus, tentu saja basah... aku kan pake sneaker tuh, jadi es yang nempe di badan aku meleleh jadi air. Mr T bilang nih salju udah ngga fresh...halah...kek roti bagel aja ngga fresh...

Tiba2 Mr T lempar aku dengan bola salju, tentu saja aku balas... ohhhh ya pastinya dia yang menang..kebal banget sama salju! aku baru sebentar tangan dah perih banget!! aku nyerah kalah dan teriak2..tiba2 Mr T datang dan ..masukin salju tadi ke dalam pakaian aku,gyaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh!! dingin bangettttt!!!!! aku langsung lari2 sambil lobcat2dan dia cuma ketawa aja!! trus aku ngerasa sesuatu kek pilek.. dan aku bilang bentar aku pilek.. waktu aku lap dengan tisu.. omg.. aku mimisan!!

Aku baru tau sudah balik ke Indonesia dan tanya sama maknya...dia bilang wajar sebab aku belum pernah ngerasa temperatur sedingin itu dan aku bukannya adjust tapi malah langsung main2 dengan salju. Trus kalau saljuan artinya cuaca juga kering..nah itu bisa nyebapin mimisan....hooohh... tapi aku sempat freaking out...


Salah satu platform Zugspitze

Stasiun Zugspitze ini ternyata dipakai buat penelitian sama orang Jerman. Aku ngeliat banyak banget cakram2 satelit dengan merek KIT (institut tempat Mr T kerja) dan di salah satu sudut platform juga ada stasiun cuaca Jerman yang dipake buat neliti cuaca di Eropa.

Ada loh yang mendaki Zugspitze tanpa bantuan!

Sebenarnya ada cara lain selain naik kereta cable ke atas punca Zugspitze. Salah satunya dengan pake kereta trus melewati teriwongan bersejahrah untuk naik ke atas puncak Zugspitze. Cuma cara ini agak lama kali ya.... berhentinya juga bukan di tempat gue tadi berhenti tapi di stasiun Sonn Alpine di ketinggian 2600, dan teteeepp mesti pake kereta gantung kalau mau naik ke puncak atau dengan naik sendiri jalan kaki hahaha (beneran ada banyak yang nyoba gini). Kalau takut dengan kegtinggian boleh deh di coba.

Kalau mau tau soal Zugspitze coba deh check  websitenya trus disini bisa juga mau liat route pendakian yang bisa di pake buat naik ke puncak. Perjalanan ke Zugspitze sangat worthed untuk orang yang belum pernah liat salju kek gue atau yang udah pernah dan pengen main ski!!!

Zugspitze di bagian Tirol-Austria tempat makan siang gue!

Ada surprise lain yang menunggu di sini, aku baru tau kalau sebenarnya Zugspitze ini juga merupakan perbatasan antara Jerman dan Austria!! perbatasannya pas di atas puncak sebelah barat gunung in. Meskipun sebagian besar puncak gunung ini di kuasai oleh wilayah Bavaria, Jerman, ada juga sebagian kecil dari puncak Zugspitze yang merupakan bagian dari Tirol, Austria. Makanya ketika Uni Eropa belum terbentuk di atas sini ada tuh kantor cek perbatasan (dan gue kunjungi tentunya!) disini kalau mau nyebrang mesti cek passport dulunya! Tapi sekarang kantor perbatasan yang merupakan bagian dari platform sebelah barat tetap ada dan masih ada stempel kedua negara yangboleh dipake hehehe (stempel sana sini)

Aku juga nyempatin diri nulis nama di puncak Zugspitze ini, di batu yang di biarin seperti aslinya dan gak disemen, ada banyak banget nama pengunjung dari berbagai negara. Aku dan di bantu Mr T nyari nama orang Indonesia tapi kok gak ada ya?dan setelah aku nulis corat coret (Mr T kaget aku bawa spidol  ke mana2 hahah) dia nyeletuk, bukannya kode Indonesia "ID"? gue bilang ogah ntar di bilang INDIA!! hehehe...sensi gue!

Mr T dengan gaya sok keren bilang..gimana kalau kita makan siang di Austria?? gue bilang hayuuhhh! dengan gaya kita melompat ke bagian Austria!

Yey! nyebrang ke Tirol-Austria!


Kami makan di restoran Panorama yang merupakan salah satu restoran tertinggi di dunia, dengan posisi 2952 meter di atas permukaan laut.. dan ini adalah restoran tertinggi yang pernah aku kunjungi..wow!!

Trus yahhh semuanya.. ini adalah restoran romantis... sumpah! hahaha memang mood gue atau kondisi restoran yang di atas Jerman dengan awan2 yang berada di bawah gunung, tenaang banget... kok gue ngerasa nih restoran drop dead romantic ya?? humm Mr T ngga se romantis itu dia malah mikir gue silly! hahaha...tapi beneran kalau ada yang suka dengan ketinggian, dan lagi mo ngelamar.. boleh deh di sini... its a very nice spot!

Makanannya ok...harganya...humm setinggi tempatnya haha mereka kan jualan view.. wajar lah..kata pelayannya disini sering ad pesta kawinan atau retret kantor kok.... wahwah.. beneran kan romantis!


Zugspitze Summit Cross sama climbers yang nekad2

Setelah makan siang kami balik ke platform lagi. Sekarang cuacanya rada mendingan...masih ada sedikit kabut tapi jarak pandang lebih dari 2 kilo meter. Ada lebih banyak turis datang ke sini. Akhirnya aku bisa liat Zugspitze Summit Cross. Tau kan tiap puncak gunung rata2 dihiasi dengan salib gede pertanda puncaknya? Ada cerita di balik salib raksasa ini. Jaman dulu waktu sebelum ada kereta dan kereta gantung, butuh 28 orang pendaki gunung nekad yang menggotong salib itu buat di bawa ke puncak Zugspitze ini..bayangin penderitaan mereka.. haha naik sendiri ngegotong badan sendiri aja gue ragu sanggup sampe ke atas... tapi atas semangat dari penggagas utama salib itu yaitu pendeta Christoph Ott yang juga sebagai meteorologist jadilah mereka berangkat dengan misi membawa salib itu ke puncak. Bukan perkara gampang loh buat bawa salib segede itu! Gambar pendeta Christoph Ott pun di ukir di salah satu sisi puncak Zugspitze.. wadaw..perjuangan bo!

Tulis nama di puncak Zugspitze..gak nemu nama orang indonesia?


Cerita salib gak sampe di situ, baru tau juga kalau salib itupun dah bukan salib yang original yang di bawa sama pendeta Ott. Sebab sudah sering kesambar petir, trus gara2 faktor cuaca juga merusak salib yang asli, yang parah tentara Amerika pernah nembakin tuh salib waktu perang dunia tahun  1945. Dan ini beneran terjadi! gak tau iseng banget dah tuh tentara! setelah rusak berat, salib berusia 111 tahun itu akhirnya di bawa turun gunung lagi. Walopun di coba perbaiki ternyata tuh salib dah gak bisa berdiri tegak lagi dan akhirnya dibuatlah replika salib yang di buat sama persis dengan yang asli. Dan kali itu setelah dua bulan di buat, salib itu di bawa naik dan bukan di gotong dengan para pendaki, tapi di bawa dengan helikopter ke puncak Zugspitze.. dan lagi2 bukan perkara gampang, anginnya kencang bo!! Tahun 2009 kemarin replika salib itu kembali di renovasi.. dan ini lah salib itu sekarang yang gue cengar cengirin dari jauh hari itu....


Cara membuat manusia salju!
Setelah puas foto2 dengan latar Zuspitze Summit Cross kami pergi ke stasiun kereta buat turun ke bawah. Mr T bilang kita mesti turun buat pergi ke Munich. Jadi kami turun jam 2 atau 3 pm, kembali ke cable car. Tapi cable car yang kita naikin bukan langsung turun ke bawah tapi ke stasiun berikutnya. Cuaca mendadak cerah banget. Aku bisa liat ke bawah lereng guning dengan batu2 dan jurang terjal serta tumpukan salju. Ada beberapa pendaki yang berjalan berjuang naik ke atas...salut sama merek! dari cable car ini aku juga bisa liat Alpine glacier yang berwarna putih kebiruan. Aku juga bisa lita beberapa puncak gunung lainnya yang ada di sekitar Zugspitze!

Stasiun Sonn Alps ketinggian 2600 meter


Nyampe di stasiun Sonn of Alpine pada ketinggian 2600 meter di atas permukaan laut. Ada beberapa turis di sana. Dan di sini, ada lebih banyak saljuu!! Mr T bilang biasanya salju bulan Juni dah habis.. dan aku termasuk beruntung masih bisa liat salju sebanyak ini! Aku juga main seluncuran dari plastik yang di mainin sama anak2..seru bangeeetttt! Mr T pertama nyontohin... trus aku nyoba 5-6 kali meluncuuurr! hahah lumayan... mendarat di salju lumayan enak kalo saljunya gak padat.. tapi kalau padat sama aja kek jatuh di beton...

Snowman-si manusia salju yang lonely...


Oh ya.. jalan di salju lumayan bahaya juga... karena kita gak tau dalamnya salju..aku sama Mr T gak tau medan jalanan jadi aku sempat keperosok ke salju yang selutut..haha lumayan serem juga!! Mr T juga ngajarin cara buat manusia salju...ternyata cara buatnya di gelindingin! hahah.. gak ada puasnya main di salju..tapi Mr T ngingatin aku untuk tetap hangat dan kembali pake sarung tangan dan masuk ke ruangan--baru nyadar kuku dah mulai membiru gara2 kedinginan.. tapi ada anak2 yang main salju lebih lama dari aku.. Mr T bilang yahh dia orang sini..jadi terbiasa!huhuh...jadi lah aku kembali menghangatkan diri di stasiun Sonn Of Alps!

Gini loh cara naik slide! @,@v keren!


Puas main salju selanjutnya kita nunggu kereta buat turun ke bawah.. lumayan lama juga buat nunggu dan gue masih asyik aja liat2 salju sampe harus di tarik sama Mr T dia cemas gue kedinginan..memang sih dampe di dalam hidung gue meler lagi... cepet2 di buang takut mimisan dan Mr T liat pasti dia panik dan marah2 huhuhuhu.... setelah nunggu hampir 30 menit akhirnya kereta datang dan kami pun naik ke kereta.


Kereta dari stasiun SonnAlpine ke Eibsee
Perjalanan kereta lumayan tenang dengan pemandangan berkabut di luar..kita juga di suguhi video tentang sejarah pembuatan rel kereta ini. Wow.. gila memang salut sama usaha mereka yang buat buka stasiun kereta dan bekerja di daerah dengan suhu extreme kek gini... belum lagi pembuatan tunnel atau terowongan yang di buat se aman mungkin dengan menempatkan pos penjagaan kalau2 ada gempa atau kejadian yang hiyyy ngga2 deh kejadian setiap 2 kilo meter ada penjaganya deh! trus semua faktor keamanan juga di perhitungkan.. memang salut sama tehnik engineering Jerman!!

Perjalanan turun kira2 20 menitan dan kita berdua tertidur dengan pulasnya hahaha beneran gue tidur sampe gak sadar leher sakit haduuh!! mungkin karena faktor senang dan akhirnya baru berasa capeknya!

Sampe di bawah sudah lumayan sore, tapi kami masih mau liat danau Eibsee yang tadi belum sempat kita liat. Danau ini merupakan danau gletzer jadi airnya dari lelehan es dari pegunungan. Aiihhh pemandangannya.. indah! tapi alam Gunung Kerinci atau di Indonesia gak kalah sih.. cuma kalah di kebersihannya..sedih dan miris.. oh ya disini juga banyak bebek liar yang..lucuuuu bangeet!

Bebek penunggu danau Eibsee! kedinginan!

Di pinggiran danau ada restoran tempat pengunjung bisa mancing ikan dan bakar ikannya fresh dari danau. Ada juga penyewaan perahu dan perahu dayang yang kek bebek gitu tapi katanya bukanya summer dan sekarang belum buka...yah danau ini pasti jadi tujuan wisata kalau musim panas.. pemandangannya indah, udaranya segar dan bersih banget!!! danaunya sangat jernih...batunya putih..aduh... pokoknya top banget!

Danau Eibsee di kaki gunung Zugspitze (dan penginapan keren)

Aku suka banget dengan penginapannya... ini yang pasti tempat tujuan wisata buat aki2 dan orang yang honeymoon... tenang banget! cuacanya indah... yahh..mudah2an suatu saat aku bisa balik lagi kesini...huhuh amiiiinnn!

0 Response to "Zugspitze Puncaknya Jerman (di atas awan bo!)"

Post a Comment